Tips Perbaiki Talang Air

Talang air merupakan suatu komponen dalam rumah yang memiliki peran yang sangat penting. Fungsi utama talang air adalah untuk mengalirkan air dari atap atau dari tampungan air hujan untuk diturunkan ke tanah, melalui sebuah pipa panjang. Seiring dengan berjalannya waktu biasanya talang ini akan mengalami kerusakkan, jika sudah demikian maka talang tidak lagi dapat berfungsi dengan baik. Jika tidak dapat berfungsi maka rumah akan mengalami kebocoran.

Sebenarnya kerusakan tersebut dapat dengan mudah kita minimalisir dengan cara kita ganti talang air yang berbahan kuat seperti bahan galvanis, tetapi harga bahan ini cukup mahal. Jika anda memakai bahan pvc,karena bahan ini cenderung mudah pecah jika terpapar cuaca yang ekstrim maka anda harus mengantisipasi atap rumah anda dengan sika waterproofing untuk dak. Dengan cairan kedap air tersebut harapannya ketika ada kerusakan pada talang maka kebocoran dapat diminimalisir.

Talang Air

Melapisi dak dengan bahan kedap air memang membutuhkan keahlian khusus. Anda tidak boleh asal mengoles saja. Karena jika pengaplikasian bahan kedap air ini salah maka bahan kedap air ini tidak akan berfungsi. Untuk itu jika anda ragu maka anda dapat mencari jasa waterproofing membrane bakar untuk membantu anda melapisi dak rumah agar terhindar dari kebocoran.

Langkah memperbaiki talang air

Selain cara yang telah disebutkan di atas, lebih baik anda coba terlebih dahulu cara memperbaiki talang air yang bocor berikut ini. Cara ini sangat mudah sekali untuk anda praktikan di rumah anda.

1. Carilah terlebih dahulu penyebab kebocorannya. Bisa jadi penyebab kebocoran pada talang air karena adanya sambungan yang terlepas atau karena lem pada sambungan talang air sudah tidak maksimal. Selain itu kerusakan lainnya biasanya pipa pvc yang retak juga menjadi penyebab adanya kebocoran.

2. Jika penyeban kebocoran sudah anda temukan, langkah selanjutnya adalah anda harus segera memperbaiki kerusakan itu. Jangan pernah menunda atau menganggap remeh kerusakan kecil. Karena jika kerusakan kecil dibiarkan maka akan memperparah keadaan. Apabila kerusakan karena lem pada ovc lepas maka sebeluma anda menambahkan lem, terlebih dahulu anda harus membersihkan sisa-sisa lem yang menempel pada pvc karena jika lansung ditumpuk lem lagi maka lem tidak akan melekat dengan sempurna. Membersihkan sisa lem bisa dengan cara mengamplasnya. Jika sudah selesai di ampalas baru anda beri lem secukupnya lalu rekatkan kembali sambungan pvc tersebut. Diamkan sampai benar-benar kering, jika sudah kering talang air siap dipasang kembali.

3. Jika talang masih saja bocor padahal sambungan masih baik, maka kemungkinan ada lubang kecil pada talang air rumah anda. Lalu gimana cara menambalnya? Mudah sekali cara menambalnya. Anda siapkan styrofoam bekas. Lalu potonglah kecil-kecil sampai hancur. Sediakan pula baskom bersih, isilah dengan minyak tanah. Masukkan potongan gabus tersebut pada baskom yang berisi minyak tanah. Tunggu sampai gabus menjadi bubur.

Setelah itu anda ambil kuas dan sapukan pada talang yang berlubang atau yang bocor. Diamkan sampai mengering. Supaya lem tersebut dapat merekat dengan sempurna.

4. Jika kebocoran sudah sangat parah. Maka langkah yang harus anda ambil adalah anda harus mengganti semua talang dengan talang air yang baru. Seperti penjelasan diatas sangat penting bagi anda untuk memperhatikan bahan dari talang air. Jika anda ingin lebih awet maka gunakan talang air yang bahannya lebih kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *