Macam-macam Vinyl Lantai

Macam-macam Vinyl Lantai

Vinyl merupakan salah satu jenis lantai yang terbuat dari bahan dasar PVC (polivivyl carbonated) yang dapat dijadikan pilihan menggantikan keramik, lantai batuan atau bahkan lantai kayu. Lantai ini  hadir dengan variasi model dan motif yang beragam sehingga cocok untuk hunian jenis apapun. Motifnya dapat menyerupai kayu, batuan, bahkan mozaik membuat lantai Anda terlihat semakin unik. Lantai ini dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda yang mudah bosan dengan suasana hunian Anda karena Anda dapat dengan mudah menggantinya suatu waktu. Harga vinyl lantai juga jauh lebih murah dibandingkan dengan lantai jenis lainnya sehingga cocok bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran biaya lantai.

Macam-macam Lantai Vinyl

Lantai ini hadir dengan beragam jenis ukuran motif hingga kegunaan. Adapun jenis-jenis lantai ini yang secara umum hadir di pasaran di antaranya:

1. Plank

Jenis yang pertama adalah plank. Jenis ini adalah jenis yang paling diminati di pasaran. Jenis ini memiliki tekstur permukaan berserat sehingga sangat mirip dengan kayu. Lantai plank terbagi lagi ke dalam dua macam yaitu plank emossed dan non-emossed. Plank emossed memiliki tekstur yang halus dan permukaan yang licin sehingga sangat mudah sangat dibersihkan. Plank non-emossed memiliki tekstur dan permukaan sebaliknya, hal ini berfungsi untuk menjaga lantai agar tidak licin saat dijijak. Ketebalan jenis plank di pasaran umumnya berkisar antara 2 mm sampai 3 mm.

2. Tile

Jenis yang kedua adalah vinyl tile. Jenis ini berbentuk persegi panjang atau segi empat seperti keramik yang panjangnya sekitar 30 cm sampai 50 cm. Cara pemasangan jenis ini sama dengan lantai keramik pada umumnya, yaitu dipasang satu persatu sehingga membentuk lantai. Ketebalan jenis ini berkisar antara 1.5 mm hingga 3 mm. Motif jenis ini lebih beragam, selain menghadirkan motif kayu juga menghadirkan motif mozaik yang apabila disusun secara horizontal maupun vertikal akan menciptakan bentuk yang unik.

3. Roll

Jenis yang ini adalah jenis yang paling besar. Vinyl roll memiliki panjang dan lebar mulai 2 m x 25 m hingga lebih. Pemasangan lantai ini seperti karpet dan lebih sulit memasangnya karena ukurannya besar serta harus rata dan lurus. Roll tidak akan mudah rusak dan pecah karena digulung serta dalam memasangkannya akan tampak lebih karena memiliki lebih sedikit sambungan.

Jenis ini biasanya dipasang di ruang yang luas, juga sering dipasang di rumah sakit. Namun tentu saja memiliki komposisi yang sedikit berbeda dengan yang dipasang di tempat biasa dan tentu saja harga vinyl lantai roll untuk rumah sakit lebih mahal dibandingkan roll biasa.

4. Click

Jenis yang ini pada dasarnya sama dengan jenis tile, yaitu berbentuk lembaran baik kotak maupun persegi. Hanya saja perbedaannya jenis ini sudah dilengkapi dengan perekat yang dapat dikelupas saat hendak dipasangkan (seperti double tip) sehingga tidak membutuhkan lem lagi dan lebih mudah saat dipasangkan. Ketebalan jenis ini rata-rata adalah 5 mm.

Itulah jenis-jenis lantai vinyl yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui jenisnya, Anda dapat mudah menentukan jenis apa yang akan Anda beli untuk hunian Anda karena Anda tahu kebutuhan Anda dengan baik.

Adapun jasa jual lantai ini sangat banyak di pasaran di daerah Anda. Oleh karenanya Anda tidak usah khawatir akan kesulitan menemukannya. Pilihlah lantai dengan motif yang sesuai dengan hunian Anda dan pilihlah lantai dengan kualitas baik agar awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *