Mengenal Macam-macam Solenoid Valve

Macam-macam Solenoid Valve

Solenoid valve atau umum disebut valve merupakan katup yang dapat diatur secara manual maupun otomatis untuk mengatur volume air atau minyak dan gas, serta tekanan udara. Katup pengatur volume yang akrab disebut kran ini sangat vital dalam pengaturan aliran volume material  sesuai dengan keperluan. Secara sederhana, valve sering kita jumpai pada ujung pipa yang dialiri air. Kita bisa membayangkan betapa pentingnya peranan valve ini dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa alat yang satu ini, niscaya air atau gas akan terus mengalir dan sulit dihentikan, kecuali disumbat.

Di dunia industri dan permesinan yang lebih luas, tipe valve sangat banyak dengan bentuk, ukuran, maupun fungsinya. Sangat beragamnya jenis valve ini disebabkan karena sistem kerja pada mesin dan indsutri tersebut. Pada mesin sepeda motor yang sederhana, kita bisa menjumpai banyak sekali jenis valve dengan berbagai kegunaan dan ukuran.

Dalam dunia bangunan, valve biasanya didominasi oleh valve jenis air dan zat cair dengan beragam bentuk, ukuran dan fungsi. Biasanya valve yang digunakan berhubungan dengan sistem aliran yang menggunakan pipa dan selang. Bahan yang digunakan biasanya berbahan metal, stainless steel dan fibreglass yang keras.

Macam-macam Solenoid Valve

Di dunia industri, jenis dan ragam solenoid valve sangat banyak dengan kegunaan yang beragam, dari rumah tangga, industri, mesin, instalasi pipa, dan masih banyak lagi. Dalam artikel kali ini kita bahas jenis valve yang secara umum digunakan secara luas oleh publik, yakni valve air, udara, dan gas.

Macam-macam Solenoid Valve

1. Valve Air

Valve air merupakan kran yang difungsikan untuk keperluan sistem aliran air atau zat cair lainnya sehingga volume zat cair ini sesuai dengan kebutuhan. Valve ini banyak ditemui pada sistem aliran zat cair yang terhubung pada pipa atau selang dalam industri, mesin, kompartemen kapal, maupun rumah tangga. Dalam dunia industri dan mesin, valve biasanya bekerja secara otomatis yang diatur oleh sistem mekanik dan komputerisasi. Di dalam valve ini terdapat katup yang akan membuka dan menutup secara mekanik untuk mengatur volume zat cair yang dikeluarkan baik air, minyak, oli,  atau uap air.

Macam-macam Solenoid Valve

2. Valve Gas

Valve gas merupakan kran yang bekerja pada sistem saluran yang berhubungan dengan gas, baik melalui pipa maupun selang. Valve gas mengambil peranan yang sangat penting pada industri maupun rumah tangga. Tanpa valve ini, niscaya gas akan terus mengalir dan sulit dihentikan. Sama halnya dengan valve air, valve gas ada yang bekerja secara manual ada pula yang bekerja secara otomatis. Secara sederhana, kita bisa mengamati keberadaan valve gas pada tabung gas elpiji di rumah kita.

Macam-macam Solenoid Valve

3. Valve Udara

Valve udara bekerja pada sistem tekanan yang dapat diubah kompresinya dengan menggunakan alat ini. Dunia mesin, termasuk mesin jet dan kompresor, mutlak memerlukan valve ini. Tanpa alat ini, udara sangat sulit dialirkan apalagi udara tersebut harus bertekanan. Valve ini ada yang bekerja secara otomatis mengatur tekanan ada pula yang diatur secara manual. Secara sederhana kita bisa mengamati valve ini pada kompresor bermesin maupun kompresor sederhana semacam semprotan obat nyamuk.

Di temtera.com, valve memiliki harga yang beragam dari yang paling murah hingga valve yang sangat mahal untuk keperluan mesin-mesin besar dan pipa-pipa raksasa. Solenoid valve yang paling kecil yang terdapat pada mesin AC umumnya dibanderol dengan harga Rp 45 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *