Inilah Pentingnya Membuat Penampungan Air Hujan

Musim penghujan merupakan suatu musim yang sangat dinanti-nantikan oleh seorang petani, karena dengan turunnya hujan maka tanaman yang ada disawah dapat terairi dan tumbuh dengan baik. Demikian juga denga kita hujan merupakan sesuatu yang juga kita nanti-nantikan karena ketika hujan tidak kunjung turun, rumah kita serasa sangat panas dan berdebu. Tetapi jika hujan ternyata turun tiada henti bisa jadi petaka bagi kita. Rumah menjadi banjir dan tidak menutup kemungkinan atap yang awalnya baik-baik saja lama-lama akan bocor juga karena banyaknya air yang menggenang di atap rumah kita. Jika sudah demikian anda harus segera mencari jasa waterproofing untuk mengatasi kebocoran pada atap atau dak rumah anda agar tetap aman meskipun musim penghujan.

penampungan air

Dibalik semuanya itu ternyata air hujan yang turun berlimpah dapat kita manfaatkan lho. Suatu saat ketika musim kemarau tiba kita dapat memanfaatkannya. Kita dapat memanfaatkan air hujan tersebut menjadi sesuatu yang sangat berguna diantaranya untuk kebutuhan air minum, mandi dan keperluan sehari-hari lainnya.

Tips memanfaatkan air hujan dengan membuat penampungan air

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan air hujan di sekitar rumah kita. Salah satu caranya adalah dengan membuat kolam atau tempat penampungan air bisa berupa sumur resapan atau membuat lubang resapan biopori. Untuk membuat tempat penampungan air hujan tersebut memang memerlukan biaya dan material. Namun ketika panen nantinya hasil yang kita dapatkan akan jauh lebih berharga. Fungsi utama dari penampungan ini adalah ketika musim penghujan tiba maka air hujan turun akan simpan pada kolam atau bak penampungan yang nantinya dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan kita sehari-hari. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk membuat bak penampuangn air hujan.

Nah untuk membuat penampungan air hujan bukan sekedar kita membuat bak lalu kita biarkan terbuka begitu saja. Ada teknik dan cara tertentu agar air tersebut tetap bersih sehingga dapat kita manfaatkan kembali. Biasanya air hujan yang telah terkumpul pada bak penampungan akan difilter oleh mesin khusus yang nantinya mesin ini akan menyaring air hujan menjadi air bersih.

Nah dari sini tertarikkah anda untuk membuat bak penampungan air hujan? jika tertarik maka hal pertama yang harus anda kerjakan adalah anda harus terlebih dahulu memastikan keadaan rumah anda aman dari kebocoran. Anda dapat menggunakan jasa pemasangan waterproofing membran bakar dari http://rekonstruksi.com/ untuk melapisi rumah anda agar aman ketika musim penghujan tiba. Hal ini sangat penting anda perhatikan, karena jika anda tidak memasang waterproofing maka hujan yang terus menerus akan semakin membuat kita menderita. Setelah itu anda perlu siapkan pipa pvc yang digunakan untuk mengalirkan air di atap rumah ke bak penampungan air. Jangan lupa anda juga memerlukan alat untuk memfilter air agar tetap bersih dan dapat kita manfaatkan airnya.

Nah itulah penjelasan tentang pentingnya kita membuat penampungan air hujan. Karena dengan penampungan air hujan maka air hujan yang turun tidak akan terbuang sia-sia, namun dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk keperluan kita sehari-hari. Salah manfaat lainnya dengan adanya penampungan air hujan  yaitu kita dapat meminimalisir penggunaan listrik untuk memompa air tanah. Bagaimana banyak sekali kan manfaat penampungan air hujan? Demikianlah penjelasan singkat tentang pentingnya membuat penampungan air hujan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *