Ini Dia Cara Merawat Karpet Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Karpet

Karpet merupakan salah satu interior ruangan yang sudah banyak dipakai baik di rumah, kantor, masjid bahkan hotel. Selain sebagai alas lantai, karpet juga kini sudah menjelma menjadi interior yang dapat mempercantik ruangan.

Ada banyak jenis karpet yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, salah satunya yaitu karpet tile. Jenis ini banyak digemari karena karpet ini tersusun atas beberapa potongan, sehingga jika ada bagian yang kotor maka cukup ambil bagian yang kotor saja.

Tidak heran, jika banyak penjual karpet tile murah yang mengaku bahwa jenis karpet ini yang banyak dicari para konsumennya. Selain itu, jenis ini juga mempunyai banyak motif yang akan semakin mempercantik ruangan Anda.

Perawatan untuk Karpet Agar Tetap Awet

Perawatan untuk Karpet Agar Tetap Awet

Hal penting dalam menggunakan karpet sebagai interior ruangan yaitu Anda harus rutin melakukan perawatan agar karpet tidak mudah rusak serta tahan lama. Lalu, bagaimana sih cara perawatannya, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Bersihkan karpet dengan penyedot debu

Untuk menjaga karpet agar tidak mudah rusak yaitu salah dengan rajin membersihkannya. Gunakan penyedot debu atau vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada karpet. Cara ini harus Anda lakukan juga pada karpet tile, karena jika debu sampai menumpuk dan tidak dibersihkan tentunya akan membuat karpet kotor dan berubah warna.

2. Cuci karpet jika memang dibutuhkan

Jika karpet dirasa sudah terlalu kotor maka ada baiknya jika karpet kamu cuci. Ini akan mudah jika Anda menggunakan karpet jenis tile, tentu saja karena bentuknya yang terdiri dari beberapa bagian, maka Anda cukup mencuci bagian yang kotor saja. Anda tidak perlu repot mencuci karpet yang berukuran besar, yang pasti akan lebih susah.

Namun jika Anda memakai karpet lain, maka Anda harus menyiapkan tenaga ekstra karena harus mencuci karpet yang tentunya berukuran besar. Cuci seperti biasa dengan menggunakan air dan sabun, lalu bilas dengan cara menyiramnya dengan air atau menggunakan semprotan air agar lebih maksimal

3. Jangan memakai pemutih

Untuk menjaga karpet agar tidak mudah rusak dan lebih tahan lama, maka ketika Anda mencucinya sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan pemutih. Hal tersebut dilakukan karena dikhawatirkan kandungan pada pemutih dapat merusak kualitas karpet itu sendiri. Jadi harus dipastikan untuk memakai cairan yang aman saat mencucinya.

Mungkin bagi sebagian orang, pemutih dapat menghilangkan noda yang membandel pada karpet. Namun, kandungan itu juga dapat membuat warna karpet memudar, dan tentunya membuatnya terlihat kusam dan tidak menarik lagi.

4. Gunakan alas kaki saat menginjakan kaki di karpet

Perlu Anda ketahui, jika ternyata saat kita menginjakan kaki ke karpet maka dapat menimbulkan noda atau lebih tepatnya bekas. Hal ini karena mungkin saja saat menginjakan kaki di karpet, ternyata kaki Anda dalam keadaan basah karena keringat. Nah, ini yang nantinya justru akan membuat karpet lembab dan berjamur.

Jadi, akan lebih baik jika tetap menggunakan alas kaki, namun pastikan juga alas kaki yang dipakai memang hanya digunakan di dalam ruangan. Namun Hal ini tidak berlaku jika  karpet  ditempatkan di ruangan yang memang tidak memperbolehkan Anda untuk memakai alas kaki. Jika memang tidak boleh menggunakan alas kaki, maka pastikan jika kaki Anda dalam keadaan bersih dan kering.

Demikianlah beberapa cara untuk merawat karpet agar tidak mudah rusak. Nah jika Anda tertarik untuk membeli karpet jenis tile, maka Anda dapat membelinya pada penjual karpet tile murahbaik secara online maupun langsung mendatangi tokonya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *