5 Bahan Kusen Alternatif Pengganti Kayu

5 Bahan Kusen Alternatif Pengganti Kayu

Penggunaan material berbahan kayu sebagai material bangunan dan perumahan semakin ditinggalkan. Hal ini disebabkan semakin mahalnya material kayu dan beberapa aspek yang membuatnya tidak tahan lama. Kondisi ini telah mendorong pihak produsen dalam membuat inovasi material jenis baru yang lebih kokoh dari kayu tetapi lebih murah. Material seperti baja ringan, aluminium, fiberglass, dan UPVC menjadi primadona sebagai pengganti kayu, terutama di perkotaan. Material-material ini ternyata lebih kokoh daripada kayu.

Pada kusen bangunan dan perumahan, saat ini banyak masyarakat yang beralih menggunakan bahan sintetis hasil olahan pabrikasi. Alasan yang dikemukakan umumnya berkaitan dengan efisiensi dan kekuatan material tersebut. Pilihan ini tentu saja ditentukan berdasarkan fungsi dan peruntukan kusen tersebut. Pada kusen-kusen pintu gudang, tentu saja kusen berbahan besi dan baja ringan menjadi pilihan utama daripada kusen berbahan UPVC. Bahan-bahan sangat kuat ini sengaja dilipilih untuk memperkokoh keberadaan pintu dan isi gudang. Tetapi untuk perkantoran dan kafe, kusen berbahan baja dirasa tidak cocok karena mengganggu estetika.

Ini 5 Bahan Kusen Populer Pengganti Kayu

Semakin mahal harga tanah, terutama di perkotaan, telah mendorong banyak pengembang dan warga yang mencari alternatif pengganti bahan bangunan demi efisiensi, Harga rumah, termasuk material bangunan, terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu yang pada giliranya akan menaikkan harga jual rumah. Tentu bukan gagasan yang bagus jika harga rumah melejit setinggi langit, sebab banyak masyarakat tidak sanggup membelinya, sekalipun telah dibantu dengan sistem KPR. Untuk menyiasati hal ini, maka dicarilah bahan sintetis yang dimungkinkan dapat membuat harga rumah menjadi lebih murah. Antara lain dengan meniadakan kayu dan menggantinya dengan bahan lain yang jauh lebih murah, tetapi memiiki kekuatan yang sama dengan kayu atau bahkan lebih kokoh. Separti pada kusen aluminium, kusen dan rangka berbahan baja ringan, kusen berbahan fiberglass dan kusen UPVC. Masing-masing bahan ini tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut deskripsinya.

5 Bahan Kusen Alternatif Pengganti Kayu

1. Kusen Berbahan Aluminium

Kusen aluminium mendasari pada alasan kekuatan dan menyingkirkan keindahan. Kusen berbahan aluminium ini lebih cocok pada bangunan yang digunakan secara umum seperti sekolah, balai pertemuan, gudang, dan banguan lain yang lebih mementingkan unsur kekuatan daripada keindahan. Harga bahan ini jauh lebih murah daripada kayu atau stainless steel.

5 Bahan Kusen Alternatif Pengganti Kayu

2. Kusen Berbahan Fiberglass

Masyarakat lebih mengenal kusen berbahan fiberglass sebagai kusen dan pintu plastik. Kusen sekaligus daun pintu ini dibuat jadi oleh pabrikasi, dimana warga hanya tinggal memasang kusen dan daun pintu yang sudah jadi ini. Kusen berbahan fiberglass umumnya banyak digunakan pada pintu kamar mandi, dan pintu rumah yang jarang dihuni seperti villa. Kusen dan pintu jenis ini sangat rapuh, meski kuat terhadap air dan korosi.  Mungkin kusen berbahan fiberglass yang paling murah di antara banyaknya pilihan kusen hasil produksi prabikasi lainnya.

5 Bahan Kusen Alternatif Pengganti Kayu

3. Kusen Berbahan Stainless Steel

Kusen berbahan baja tentu lebih mementingkan unsur kekuatan daripada keindahan pada desain. Kusen ini banyak digunakan pintu pagar, pintu dan jendela gudang, dan sisi lain bangunan yang membutuhkan kekuatan maksimal pada pintu-pintunya. Harga kusen berbahan stainless steel mungkin yang paling mahal di antara banyaknya bahan kusen pengganti kayu.

5 Bahan Kusen Alternatif Pengganti Kayu

4. Kusen Beton (cor)

Sesuai namanya, kusen ini berbahan semen dan pasir yang dicor. Kusen ini sangat berat tetapi lebih murah dan lebih kuat daripada kusen berbahan aluminium atau fiberglass. Kusen gendong ini tidak praktis tetapi cukup indah untuk hunian bergaya minimalis. Cara pemasangannya cukup ditelakkan pada bangunan yang belum jadi untuk kemudian ditanam permanen pada dinding bangunan.

5 Bahan Kusen Alternatif Pengganti Kayu

5. Kusen Berbahan UPVC

Kusen berbahan UPVC (Unplasticized Poly Vinyl Chloride) merupakan bahan campuran karet, fiberglass, dan vinyl yang kuat dan tidak lentur serta tahan api dan korosi. Kusen berbahan UPVC ini sedang digandrungi banyak pengembang dan kontraktor dalam pembuatan banyak kusen pada bangunan, hunian, perkantoran, dan ruko. Kusen ini lebih indah daripada aluminium tetapi tidak sekuat aluminium. Kusen dengan daun jendela dan pintu yang menggunakan kaca akan terlihat mewah dan megah dengan menggunakan kusen ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *